Search

Blog Archive

29/05/10

PTK "Meningkatkan kemampuan siswa dalam..."


“MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA POKOK BAHASAN GLOBALISASI MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN ..............................
 
A.    Judul Penelitian :

Meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran PKn pada pokok bahasan globalisasi melalui model contextual teaching and learning (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN ..............................).

B.     Bidang Kajian : Strategi Pembelajaran


C.    Pendahuluan

Proses pembelajaran adalah proses didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan siswa serta komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Dalam proses pembelajaran guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Antara dua komponen tersebut harus terjalin interaksi yang saling menunjang agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara optimal. Menurut Hasibuan (1988) pola pembelajaran yang efektif adalah pola pembelajaran yang didalamnya terjadi interaksi dua arah antara guru dan siswa, artinya guru
tidak harus selalu menjadi pihak yang lebih dominan, pada pola pembelajaran ini guru tidak boleh hanya berperan sebagai pemberi informasi tetapi juga bertugas dan bertanggung jawab sebagai pelaksana yang harus menciptakan situasi memimpin, merangsang dan menggerakkan siswa secara aktif.

Selain itu guru harus dapat menimbulkan keberanian siswa, baik untuk mengeluarkan idenya atau sekedar hanya untuk bertanya. Hal ini disebabkan karena mengajar bukanlah hanya suatu aktivitas yang sekedar menyampaikan informasi kepada siswa, melainkan suatu proses yang menuntut perubahan peran seorang guru dari informator menjadi pengelola belajar yang bertujuan untuk membelajarkan siswa, agar terlibat secara aktif sehingga terjadi        perubahan-perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan pada umumnya.

Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan merupakan model pembelajaran yang inovatif untuk peningkatan komunikasi siswa dalam mengikuti berbagai mata pelajaran, salah satunya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) mata pelajatan PKn yang dikenal dengan pelajaran yang memuat banyak materi menghafal ternyata membutuhkan model pembelajaran yang lebih menarik, mengingat tujuan dari pembelajaran tersebut merupakan pembentukan karakter bangsa.

Masalah utama dalam pembelajaran PKn ialah penggunaan metode atau model pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat serta kurangnya komunikasi antara guru dengan siswa, guru masih menggunakan model konvensional yang monoton, aktivitas guru lebih dominan daripada siswa yang mengakibatkan lemahnya sistem komunikasi sehingga dalam pelaksanaannya terkesan sangat kaku, kurang fleksibel, kurang demokratis dan terkesan sebagai mata pelajaran yang jenuh dan membosankan.

Bertolak dari permasalahan di atas, guru perlu memberikan respon positif secara konkret dan obyektif yang berupa upaya membangkitkan komunikasi siswa, baik dalam bentuk kontributif maupun inisiatif. Bentuk ini akan mampu menjadikan siswa selalu aktif dan kreatif. Disamping itu, penggunaan model juga perlu diperhatikan, mengingat tujuan dari pembelajaran PKn salah satunya adalah pembentukan karakter bangsa, terlebih dalam era globalisasi yang sarat dengan persaingan yang sangat ketat. Dalam keadaan demikian akan terasa pentingnya peranan sumber daya manusia terdidik yang mempunyai kemampuan yang handal dalam menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan jaman di era global tersebut. Maka dari itu, bahasan mengenai konsep globalisasi, perlu dipahami siswa.

Penerapan model CTL (Contextual Teaching Learning) dalam pembelajaran PKn diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep globalisasi, mengingat karakteristik dari CTL adalah membantu siswa untuk memahami materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari, jadi model CTL ini menurut hemat penulis dipandang relevan dengan realita jika diterapkan dalam pokok bahasan tersebut.

Atas dasar hal tersebut, penulis mencoba mengadakan penelitian dengan judul :

“MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn PADA POKOK BAHASAN GLOBALISASI MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING” (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN ..............................) (untuk informasi lebih lanjut hubungi) noerdaminudin@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: