Search

Blog Archive

03/02/11

PENGARUH PENDEKATAN PAKEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP


PROPOSAL PENELITIAN

PENGARUH PENDEKATAN PAKEM  TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA PADA SISWA KELAS VII SMP
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII A di SMP Negeri 1 ............................)


A.      Latar Belakang Masalah
Sebagaimana tercantum dalam GBHN tujuan pendidikan nasional adalah untuk meningkatkan kualitas manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan berkepribadian, dan terampil serta sehat jasmani dan rohani. Sedangkan menurut Hasibuan (1995 : 9) tujuan pendidikan adalah pembentukan manusia yang bukan hanya menyesuaikan diri hidup di dalam masyarakat, melainkan lebih dari itu, mampu menyumbangkan penyempurnaan masyarakat itu sendiri. Untuk mewujudkan hal tersebut dilakukan melalui upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional yang mencakup peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan di sekolah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya meningkatkan kualitas belajar matematika siswa.
Upaya pengembangan potensi siswa di sekolah diwujudkan melalui proses belajar mengajar sebagai inti dari proses pendidikan secara kaseluruhan ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku yang dirancang demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Syamsudin (1997 : 3) mengemukakan :
Proses belajar mengajar tersusun atas sejumlah komponen yang saling berkaitan yaitu:
1.        Siswa dengan segala karakteristiknya berusaha mengembangkan dirinya melalui kegiatan belajar.
2.        Tujuan, ialah suatu yang diharapkan tercapai melalui kegiatan belajar.
Guru, yang selalu mengusahakan terjadinya proses pengalaman belajar pada diri siswa
Selengkapnya DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar: