Search

Blog Archive

12/05/11

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN

 BAB I

PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang Masalah.
Perusahaan-perusahaan di Indonesia telah berada di pintu gerbang perdagangan bebas, semua sibuk berbenah agar dapat bertahan dan menang dalam persaingan bebas nanti. Perusahaan- perusahaan yang mampu bertahan dan menang dalam persaingan bebas adalah yang mampu mengelola sumber daya yang ada. Usaha untuk mencapai suatu tujuan mempertahankan dan mengembangkan diri demi kelangsungan hidup perusahaan selain ditentukan oleh faktor kebutuhan modal, juga ditentukan oleh faktor sumber daya manusia, tanpa memperhatikan sumber daya manusianya perusahaan akan mengalami penurunan produktivitas.
Produktivitas kerja merupakan tujuan yang sangat penting dalam perusahaan, melalui produktivitas akan dapat diketahui keadaan dari suatu perusahaan, dengan berbagai cara terlepas dari tujuannya, misinya, jenisnya, strukturnya, dan ukurunnya. Banyak cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan antara lain melalui pendidikan dan pelatihan, teknologi dan hasil produksi, kesehatan, kemampuan fisik dan mental. 
Untuk mengukur tingkat produktivitas bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, hal ini tergantung dari tujuan masing- masing organisasi, misalnya apakah untuk mencari keuntungan atau untuk kepuasan pelanggan. Selain itu tergantung pada bentuk organisasi itu sendiri misalnya publik  atau swasta. Secara sederhana Menurut M. Sinungan, “Produktivitas dapat diartikan sebagai suatu keahlian untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat material maupun non material baik yang dapat dinilai dengan uang atau tidak” (2000:9). selanjutnya

Tidak ada komentar: